Senin, 11 Maret 2013

Pengertian Telepon & Radio


teleponTelepon adalah sistem komunikasi dua arah yang dikembangkan setelah telegraf. Sistem ini mengubah suara menjadi isyarat listrik di bagian pengirim dan mengubah kembali isyarat listrik tersebut menjadi suara pada bagian penerima. Telepon merupakan perangkat komunikasi yang lazim tersedia di kantor ataupun rumah. Komunikasi dua arah adalah kimunikasi yang memungkinkan bagian pengirim dan penerima mengirimkan isyarat pada waktu yang bersamaan.
pengertian radioRadio merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media perantara, tetapi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan suara. Radio dapat diaplikasikan dalam bentuk komunikasi satu arah, komunikasi bergantian, maupun dua arah. Contoh komunikasi satu arah adalah komunikasi pada pemancar radio.
Radio penerima hanya bisa memilih siaran dari pemancar radio.Contoh komunikasi bergantian terjadi pada komunikasi sistem HT (handy talky) atau walkie talkie. Pengirimakn isyarat antara pengirim dan penerima harus dilakukan secara bergantian. Sementara itu, komunikasi dua arah terdapat pada radio citizen band atau dikenal dengan nama radio CB. Saat ini gelombang radio tidak hanya digunakan untuk komunikasi dalam bentuk suara, tetapi juga digunakan untuk mengirim data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar