Senin, 11 Maret 2013

Mengerti tentang Telpon Seluler


telepon selulerTelpon Seluler atau disebut juga HP (Hand Phone) telh berkembang dengan sangat pesat. Jika ditelah ke masa lalu, sesunggunya penggnaan telpon seluler atau HP ini telah diusulkan oleh dua insinyur dari Labolatorium Bell, yaiut Douglas H Rings dan W Rae Young pada tahun 1947.
Namun, teknologi yang mendasarinya belum ada. Selain itu, frequensi yangdigunakan juga belum dialokasikan. Sistem telepon bergerak otomatis ini kali pertama diciptakan pada tahun 1956 oleh perusahaan Ericson dan diberi nama MTA atau Mobile Telelphone System A dan diluncurkan secara komersial di Swedia.
Sayangnya telepon ini sangat berat yaitu 40 kg. Selanjutnya MTB diperkenalkan pada tahun 1965. Beratnya hanya 9 kg. Pada tahun 1970 seorang insinyur di Labolatorium Bell, bernama Joel, Jr. berhasil menemukan system yang memungkinkan pesawat telepon digerakkan ke lokasi lain ketika ada suatu percakapan tanpa kehilangan hubungan.
Pada tahun 1971 perusahaan AT&T mengusulkan layanan telepon bergerak ke FCC federal communication commission. Suatu institusi di Amerika Serikat yang mengatur msalaha komunikasi. Akhirnya FCC menyutujui proposal AMPS advance Mobile Service pada tahun 1982.
Generasi Pertama atau 1G
Generasi pertama ini disebut juga analog cellular services. Pada model ini telepon selular dirancang untuk komunikasi suara melalui suatu sistem sel-sel dan isyarat ditransmisikan dalam bentuk analog. Yang dimaksud sel adalah suatu daerah yang berbentuk heksagonal. Setiap sel dapat terhubung melalui suatu tata cara yang memungkinkan telepon yang bergerak dari satu sel ke sel lainnya tanpa kehilangan koneksi. Salah satu sistem yang terkenal pada generasi ini adalah sistem AMPS.
Generasi Kedua 2G
pada tahun 1990 an sistem telepon generasi kedua mulai diperkenalkan dan menyajikan layanan nirkabel digital. Dua sistem ini yang terkenal pada generasi ini adalah GSM atau Global System Mobile for Communication dan CDMA atau Code Division Multiple Access. Seperti halnya sistem ditunjukan terutama untuk komunikasi suara. Kecepatan yang di dukung juga masih rendah yaitu 14,4 kilobit per detik.
Salah satu aplikasi penting pada CDMA adalah GPS atau Global Positioning System. GPS receiver merupakan sistem berbasis satelit yang memungkinkan pencarian posisi alat ini setiap saat. GPS biasa diaplikasikan sebagai alat navigasi.
Perangkat ini dapat dipasang di taksi untuk memantau keberadaan kendaraan. Saat ini beberapa ponsel telah dilengkapi dengan GPS.
Generasi ketiga atau 3G
Sistem telepon generasi ketiga ini menyediakan layanan yang dinamakan broadband wireless digital services atau dikeal dengan sebutan 3G. layanan ini mampu membawa data dengan kecepatan 56 kilobit per detik sehingga 2 megabit per detik. Itulah sebabnya, teknologi ini mampu digunakan untuk mengirimkan video, gambar diam atau suara dengan kecepatan yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar